"Tidak ada manusia yang bodoh , karena manusia dilahirkan dengan mempunyai pikiran dan akal yang sama.

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter

Membangun Kepercayaan Bisnis Online

Author Unknown - -
Home » Membangun Kepercayaan Bisnis Online

Salah satu kelebihan bisnis online adalah tidak memerlukan kontak langsung dengan calon pembeli, maka penampilan, kecakapan berbicara, kemampuan berformalitas dll, yang kadang deskriminatif itu tidak berlaku disini. Jadi siapapun bisa sukses dalam bisnis online.

Akan tetapi kelebihan ini di lain sisi bisa juga menjadi kelemahan bisnis online. Lho kok bisa? Iya, seringkali bagi orang awam yang pesimistis dan skiptis menganggap bisnis online adalah bisnis penipuan. Menurut saya salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak secara langsung bertemu dengan penjual.

Intinya untuk meraih kesuksesan bisnis online jangka panjang, seseorang harus membangun nama besar dan menjaga kepercayaan pelanggan. Berikut saya tuliskan tips cara membangun kepercayaan di internet:

1 . Cantumkan data diri dengan lengkap dan benar

Salah satu ciri bisnis online yang scam atau penipuan adalah tidak mencantumkan data pemilik dengan lengkap dan benar. Biasanya terkesan menyembunyikan identitasnya. Maka untuk menghindari prasangka negatif calon pemesan dan menumbuhkan kepercayaan calon pelanggan Anda, sebaiknya Anda mencantumkan identitas diri secara lengkap, bila perlu tambahkan foto Anda.

 2 . Beri mereka bukti

Banyak orang muak dengan omong kosong, kata-kata rayuan yang bombastis, testimonial palsu, iklan yang panjang dll. Maka berilah mereka bukti bukan sekedar janji. Prinsip ini bisa diaplikasikan misalnya dengan cara memberikan fasilitas uji coba kepada calon pembeli untuk memakai produk Anda. Ini sekedar untuk membuktikan kehebatan produk Anda saja (jika memungkinkan).

 3 . Cobalah responsif

Responlah dengan cepat untuk setiap pertanyaan, komentar, maupun kritik atau kompalian dari pelanggan baik lewat tlp, sms, email atau media komunikasi apapun. Setiap orang umumnya tidak senang jika pertanyaan atau keluhan mereka mendapat respon yang lama. Dan jangan lupa beri perbaikan yang nyata atas keluhan mereka tersebut. Satu hal lagi, jika memang dari pihak Anda melakukan kesalahan, keteledoran atau hal yang tidak sesuai dengan perasaan pelanggan, maka segeralah meminta maaf dan akui kesalahan Anda.

 4 . Pelayanan pasca jual

Pelayanan pasca jual disini artinya pelayanan setelah mereka melakukan pembayaran atas produk Anda. Contohnya mereka mengeluhkan sulitnya menerapkan produk Anda (karena mereka benar-benar awam), maka Anda jangan keberatan untuk memberikan panduan secara eklusif. Intinya disini Anda harus menghindari kekecewaan pelanggan Anda yang merasa tertipu dan beranggapan bahwa Anda lari dari tanggung jawab setelah mendapat uang.

 5 . Beri pelanggan nilai lebih

Nilai lebih disini sangat luas maknanya. Bisa berupa pelayanan. Contohnya Anda memberikan kemudahan pelanggan Anda menghubungi Anda 24 jam ketika mereka mengalami kesulitan. Mereka bebas bertanya dll. Berikan panduan yang detil dan tidak membingungkan. Fasilitas lebih dsini juga bisa berupa bonus, update produk gratis, diskon, dan banyak lagi. Intinya Anda jangan terlalu perhitungan. Karena percaya atau tidak, ketika kita bisa memberi lebih, kita pun akan mendapatkan lebih.

Semoga artikel ini membantu kalian dalam menjalankan bisnis .

saya #aV salam sukses